Pengumuman, Waduh, Wall to Wall udah Gak Bisa Lagi ya ? ini Gara" ada Kebijakan Facebook untuk Mengalihkan Live Stream Menjadi Comment Box, Tapi Jangan Khawatir.. Update Status Via Blackberry dan yg lain masih Bisa koq, Mau tau apaan sih Comment Box itu ? Bisa Dilihat Disini, Nah, kalo ada Saran" ttg Gimana cara nge-akalin wall to wall, silahkan Contact Mimin di Facebook Disini atau Twitter @HzCrash, atau Bisa Lewat Fanspage WI Di Disini, Trima Kasih

Apa Itu Kepemimpinan - Motivasi Menjadi Pemimpin yang Sukses

Penulis on Senin, 31 Oktober 2011

Apa itu Kepemimpinan ?
Kepemimpinan adalah proses memengaruhi atau memberi contoh oleh pemimpin kepada pengikutnya dalam upaya mencapai tujuan organisasi. Mungkin sebagian dari Anda bingung tentang pernyataan ini, atau mungkin tidak setuju dengan pernyataan ini, nah untuk itu mari kita bahas satu persatu, kata demi kata , mengenai pernyataan ini.

Kepemimpinan adalah Proses Mempengaruhi
Maksudnya apa? Kenapa bisa dikatakan bahwa kepemimpinan adalah proses mempengaruhi, emangnya sales, hahaha, tapi benar ini serius kawan. Kalau kita mau menjadi pemimpin kita harus dapat meyakinkan orang lain. Bagaimana cara agar kita dapat meyakinkan orang lain? . Hal yang pertama kali yang harus kita lakukan adalah meyakinkan diri kita sendiri.
Suatu ketika di Padang – Sumatra barat akan terjadi gempa , ada seorang ketua RT disana bernama pak asep, beliau diberitahukan lewat telepon oleh BMKG bahwa di padang akan terjadi gempa jam 8 malam , saat itu masih jam 1 siang, beberapa menit kemudian, datang lagi telepon dari BMKG bahwa memberitahukan berita itu ternyata salah, pak asep pun merasa lega dan senang mendengar bahwa ditempatnya tidak terjadi gempa, berselang 1 jam pihak BMKG pun menelepon lagi dan memberitahukan bahwa padang akan terjadi gempa, pak asep pun kesal dan menanyakan pertanyaan yang konyol seperti ini “ini jadi gempa gak sih ? jadi, jadi, enggak enggak, jangan bikin bingung napa ?” Kemudian pihak BMKG pun meminta maaf dan beralasan bahwa “memang pendeteksi gempanya yang demikian pak, selalu berubah-ubah, kadang menunjukan ciri-ciri akan terjadi gempa, kemudian hilang, kemudian muncul lagi, kemudian datang lagi, kami saja bingung pak, mungkin ini bawaan alam”.
Dari cerita diatas kita dapat mempelajari bahwa menjadi pemimpin adalah tanggung jawab yang besar, tidak dapat main-main, banyak orang yang mengharapkan kita, selain itu pemimpin juga harus memiliki sikap yang percaya diri , dan yakin , karena ia memiliki tanggung jawab yang besar dalam memikul beban anggotanya. Kalau pemimpinnya saja tidak yakin apalagi bawahannya , iya nggak?
Keyakinan memang diperlukan untuk menjadi seorang pemimpin, karena pemimpin adalah seseorang yang yakin bahwa sesuatu yang dikerjakannya itu akan berhasil, bagaimana supaya sesuatu yang dikerjakannya itu akan berhasil, saya punya tips tentang hal ini, jika anda mempunyai rencana tentang sesuatu, misalnya anda ingin rangking 1, mungkin itu suatu keinginan yang  sulit dan akan susah dicapai, pada awalnya. Lalu bagaimana agar dapat mencapai suatu rencana yang tidak masuk akal? Apakah kita boleh memiliki mimpi yang tidak masuk akal? Tentu saja boleh, dan sebenarnya itu sah-sah saja, “gue gak bakalan bisa ndra, saingan gue berat, gila lo, gue aja gak pernah belajar, gue aja goblok, massa bisa sih dapet rangking 1” mungkin itu adalah salah satu kata yang akan kita dengar jika kita menanyakan “Apakah Anda mempunyai mimpi untuk Rangking 1” tidak ada yang tidak bisa kita dapatkan didunia ini jika kita mau berusaha, sebenarnya sesuatu yang sulit itu tidak sebenarnya sulit, nah maksudnya apa ini? Semuanya tergantung pada diri kita sendiri, kita yang merespon segala sesuatunya dengan diri kita,

Rencanakan secara Detail dan Jelas
Ingat bahwa kita harus yakin, nah untuk itu jika keinginan kita yang sulit mau tercapai, pada awalnya kita harus membuat perencanaan yang jelas tentang apa yang ingin kita kerjakan, maksudnya adalah suatu rencana rencana yang jelas yang dijabarkan secara detail, sedetail mungkin, sampai sekecil-kecilnya. Boleh kita bermimpi yang tidak masuk akal tapi kita harus membuat rencana yang masuk akal agar mimpi tersebut menjadi masuk akal untuk dicapai.
Contoh tadi, jika anda ingin rangking 1, apa yang harus Anda lakukan, mungkin yang pertama Anda harus mencoba untuk mengerti, atau membiasakan untuk ingin tahu (ini dalam kata lain berarti belajar, hehehe, tapi dalam kamus saya belajar saya ganti menjadi mengerti dan ingin tahu) lalu belajar apa? Ya tentu saja pelajaran-pelajaran yang ada disekolah, seperti : mtk, fisikia, ipa, b.indonesia, b.inggris dan lain sebagainya. Lalu bagaimana cara kita belajar? Ya bisa dengan cara belajar sendiri dirumah, mengikuti les atau bimbel, les online di watchinginfo.blogspot.com ataupun yang lainnya terserah Anda, mungkin anda kesal, apaan sih belajar-belajar, masih muda, masih pengen senang-senang, ntar aja kalau udah tua. Semua orang pasti banyak yang berfikir seperti itu, kebanyakan dari kita masih berfikir bahwa massa muda adalah massa untuk bersenang-senang, tapi ingat kawan “bersakit-sakit dahulu bersenang-senang kemudian” Anda pasti merasa tidak nyaman, tapi ketidaknyamanan membuat anda tumbuh menjadi seseorang yang sukses. Sesuatu yang anda tuai saat ini adalah sesuatu yang akan anda dapatkan dimassa depan.

Pemimpin adalah Teladan bagi bawahanya
Oke, selanjutnya dari kata yang kedua dari definisi kepemimpinan diatas adalah Memberi contoh dari Pemimpin kepada bawahannya. Nah pemimpin itu yang kedua adalah sebagai teladan, sebagai contoh, setelah anda yakin, memiliki keyakinan pada diri anda sendiri maka setelah itu anda harus memberikan contoh nyata kepada downline (bawahan) anda,
Ingat kawan, waktu yang paling baik untuk memulai adalah sekarang,

Upaya mencapai tujuan organisasi
Nah jika Anda sebagai Pemimpin, sudah bisa mempengaruhi bawahan anda , lalu sudah bisa memberikan contoh yang baik kepada bawahan Anda, Apakah semua itu sudah cukup? Tentu saja tidak, kenapa? Ya karena Anda belum mempunyai tujuan, ingat bahwa segala sesuatu harus mempunyai tujuan, Visi dan Misi yang jelas, percuma Anda sudah memiliki kemampuan untuk mempengaruhi seseorang, dan sudah bisa memberikan contoh kepada orang itu, tapi ketika orang itu mau diajak kerja sama, kita tidak mempunyai tujuan, ibaratnya “pulang dengan tangan hampa” , nah untuk itu Kita sebagai Pemimpin harus memiliki tujuan kita, buatlah tujuan Anda, untuk dikerjakan bersama-sama dengan patner Anda. Mengapa dari definisi diatas mengatakan tujuan organisasi? Mungkin dari tadi Anda sudah bertanya-tanya mengenai hal ini, maksud dari tujuan organisasi adalah tujuan bersama “tujuan bareng-bareng”  jangan Anda buat tujuan pribadi, untuk diri Anda sendiri, buat tujuan bersama, secara organisasi sehingga dapat mencangkup seluruh keinginan bersama.



Anda sedang membaca artikel tentang Apa Itu Kepemimpinan - Motivasi Menjadi Pemimpin yang Sukses dan anda bisa menemukan artikel Apa Itu Kepemimpinan - Motivasi Menjadi Pemimpin yang Sukses ini dengan url http://watchinginfo.blogspot.com/2011/10/apa-itu-kepemimpinan-motivasi-menjadi.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Apa Itu Kepemimpinan - Motivasi Menjadi Pemimpin yang Sukses ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link Apa Itu Kepemimpinan - Motivasi Menjadi Pemimpin yang Sukses sumbernya.

{ 1 komentar... read them below or add one }

Tehamz Marsogot mengatakan...

artikel yang sangat bagus dan bermanfaat, saya akui selama ini saya kurang yakin kepada diri saya sendiri, terimakasih banyak untuk penulisnya :D

Poskan Komentar

Blog Ini Bersifat Do Follow yg Berarti dpt Memberikan Backlink Gratis Kpd Blog Anda Jika Berkomentar Dibawah ini :

"Komentar Harus Bersifat Membangun Dan Tidak Menjatuhkan akan Kami Hargai"