Pengumuman, Waduh, Wall to Wall udah Gak Bisa Lagi ya ? ini Gara" ada Kebijakan Facebook untuk Mengalihkan Live Stream Menjadi Comment Box, Tapi Jangan Khawatir.. Update Status Via Blackberry dan yg lain masih Bisa koq, Mau tau apaan sih Comment Box itu ? Bisa Dilihat Disini, Nah, kalo ada Saran" ttg Gimana cara nge-akalin wall to wall, silahkan Contact Mimin di Facebook Disini atau Twitter @HzCrash, atau Bisa Lewat Fanspage WI Di Disini, Trima Kasih

10 Ramalan Masa Depan Versi Video Game

Penulis on Rabu, 16 Mei 2012




Waktu adalah sebuah kekuatan yang absolut dan masa depan boleh jadi merupakan sebuah konsep yang tidak mungkin dapat dihindari. Manusia, sebagai yang paling berkepentingan lewat peradaban, kemudian hidup di dalam waktu dan menjadikannya sebagai sebuah sarana untuk menumbuhkan dan mengembangkan diri. Manusia kemudian mulai berencana dan menetapkan sebuah visi dan misi sebagai target untuk masa depan. Walaupun beberapa di antaranya tampak mustahil, namun visi akan masa depan selalu menjadi batu dasar untuk menjadikannya sebagai sesuatu yang nyata. Di antara semua media fiksi yang ada, video game boleh terbilang sebagai yang paling aktif memberikan sedikit gambaran tentang masa depan manusia.


Tidak hanya tampil dalam masa depan yang optimis dan indah, tidak sedikit developer yang memvisualisasikan masa depan yang begitu kelam untuk umat manusia. Beberapa bahkan hadir dalam dunia yang sudah hancur berantakan tanpa peradaban masa sekali, menghasilkan ketakutan dan rasa pesimisme tersendiri. Dengan basis argumentasi yang seringkali dapat diterima oleh akal, visualisasi masa depan yang diperlihatkan oleh banyak industri game ini bukanlah sesuatu yang tidak mungkin terjadi. Oleh karena itu, tidak berlebihan rasanya jika kita melihatnya sebagai sebuah “ramalan”. Apakah akan terjadi atau tidak? Beberapa memang terlihat sebagai sebuah fenomena yang tidak terhindarkan.


Lantas, apa saja 10 ramalan kehidupan manusia di masa depan menurut video game?



10. Nanomachine untuk Pasukan Militer (2014 – Metal Gear Solid 4)

Setiap manusia memang lahir dengan insting agresif hewani sebagai sumber energi untuk mempertahankan diri dari segala macam ancaman. Melakukannya dalam skala besar? Maka kita akan mendapatkan kumpulan manusia yang tidak ragu mengangkat senjata dan mengorbankan perang, sesuatu yang memang tidak mudah dihapuskan begitu saja dari dunia. Kojiima memberikan sedikit visualisasi seperti apa penggunaan teknologi militer di masa depan lewat MGS 4. Teknologi militer saat itu akan memungkinkan banyak negara untuk mengembangkan pasukan khususn dengan kekuatan yang luar biasa lewat injeksi nanomachine. Tidak hanya itu saja, nanomachine juga akan berperan sebagai kontrol peredaran senjata, dimana sistem ID Tag yang ada hanya akan memungkinkan seorang menggunakan senjata yang sudah diregistrasikan atas nanomachinenya. Kojima memprediksikan ini terjadi 2014 yang berarti 2 tahun setelah artikel ini ditulis. Apakah kita akan melihat teknologi ini dalam waktu dekat? Mungkin saja.





9. Teknologi Menghadirkan Musuh Baru! (2025 – Call of Duty Black Ops II)

Dari semua ramalan masa depan yang akan dihadirkan di artikel ini, visualisasi masa depan dari Activision dan Treyach yang akan ditampilkan pada seri FPS teranyar mereka yang akan dirilis tahun ini – Call of Duty Black Ops 2 boleh disimpulkan sebagai yang paling mendekati kenyataan. Siapa yang dapat menyangkal bahwa teknologi telah membuat kehidupan manusia saat ini menjadi lebih mudah. Semuanya serba terkoneksi, membuat beragam fungsi mampu terintegrasi dalam satu jaringan. Jika berjalan dengan lancar, hal ini tentu saja akan semakin membuat kehidupan manusia jauh lebih mudah. Namun sayangnya, hal ini juga akan memicu musuh baru. Pada tahun 2025 dimana teknologi militer telah dikuasai oleh senjata-senjata perang tanpa awak yang dikendalikan menggunakan jaringan, hacker tentu tumbuh menjadi musuh yang paling ditakuti. Dengan memanfaatkan celah keamanan, mereka akan dapat menguasai banyak hal yang kini sudah terdigitalisasi, dari senjata perang hingga akun keuangan Anda. Sebuah ketakutan yang tentu saja sangat beralasan.




8. Manusia dengan Augmentasi (2027 – Deus Ex: Human Revolution)

15 tahun sejak artikel ini ditulis, Eidos meramalkan sebuah  dunia modern yang tidak lagi hanya dihiasi oleh gedung-gedung super tinggi, tetapi juga teknologi-teknologi yang dibangun untuk mempengaruhi kehidupan manusia secara langsung. Korporasi dunia mulai melirik perangkat teknologi bernama “Augmentation” yang memungkinkan manusia untuk berfungsi layaknya “cyborg”. Dengan augmentation, seorang manusia memiliki kemampuan fisik yang jauh lebih baik. Tidak hanya itu saja, kebutuhannya untuk terintegrasi pada jaringan membuat manusia dengan augmentation dapat mengumpulkan informasi kolektif dengan lebih mudah. Tak berbeda dengan kondisi nyata saat ini, karena ia merupakan teknologi korporasi, maka hanya orang-orang dengan uang ekstra lah yang bisa mendapatkan augmentation.



7. Sebuah Dunia Tanpa Hukum! (2029 – Rage)

Kiamat memang tidak terhindarkan, namun manusia selalu punya insting untuk bertahan hidup dengan segala cara, seperti yang terjadi pada dunia RAGE ini. Pada tahun 2029, sebuah asteroid super besar menghantam bumi dan meluluhlantakkan hampir semua kehidupan dan peradaban di dunia. Namun sebuah gerakan “penyelamatan” sudah dipersiapkan dengan memuat manusia-manusia yang dianggap penting di dunia ke dalam sebuah kapsul bernama “Ark”. Hancurnya peradaban tentu memaksa manusia untuk mengembangkan kualitas hidup mereka kembali dari awal. Pada akhirnya, layaknya manusia purba, hukum rimba kembali berlaku. Manusia-manusia ini mulai membentuk komunitas-komunitasnya sendiri, berusaha melakukan ekspansi, dan menguasai lebih banyak daerah. Tidak ada hukum yang mengatur kehidupan secara umum dan setiap manusia harus berjuang sendiri untuk mempertahankan hidupnya. Sebuah masa depan yang suram.


6. Serahkan Tugas Harianmu Pada Para Robot (2040 – Binary Domain)

Kondisi dunia yang tersapu oleh banjir besar membuat manusia tidak memiliki opsi lain selain membangun peradaban secara vertikal. Tentu saja tidak mungkin untuk mengutus manusia dan mengorbankan nyawa mereka untuk melaksanakan tugas penting ini, oleh karena itu, robot diciptakan sebagai bagian dari teknologi yang esensial untuk keberlangsungan kehidupan manusia. Robot humanoid tumbuh menjadi asisten terbaik untuk mempermudah hidup manusia. Teknologi yang berkembang saat itu bahkan memungkinkan manusia untuk menciptakan robot dalam bentuk manusia dengan reaksi dan sistem memori yang menyerupai manusia. Wow! Walaupun terkesan sulit untuk diraih oleh kehidupan manusia saat ini, namun cikal bakal lahirnya robot memang sudah terlihat jelas. Apakah kita akan melihat para robot berkeliaran di jalanan saat kita tua nanti? Mungkin saja.




5. Menambang di Planet Lain! (2070 – Red Faction)

Sudah bukan rahasia lagi bahwa manusia memang menggantungkan keberlangsungan hidupnya pada ketersediaan sumber daya alam di bumi. Sebagai bahan baku untuk menciptakan begitu banyak hal yang esensial bagi manusia, termasuk bahan bakar, barang tambang memang menjadi komoditas berharga. Namun sayang, jarang orang yang mengingat bahwa tambang-tambang ini sesungguhnya sangat terbat. Bayangkan apa yang akan terjadi jika tidak ada lagi sumber daya alam sama sekali di bumi ini? Visualisasi Red Faction mengambil dasar plot ini. Namun bukannya sekedar menyerah dan mencari alternatif sumber daya, manusia kemudian mulai melirik teknologi luar angkasa untuk mencapai planet-planet terdekat. Tujuan utamanya tentu jelas: “menghabiskan” semua barang tambang yang tersedia di dalamnya.


4. Warp Drive Ditemukan! (2087 – Star Ocean: The Last Hope)

Penggunaan senjata-senjata berat pada perang dunia ketiga membuat manusia tidak dapat lagi menghuni bumi. Penelitian dilakukan untuk mencari beragam alternatif cara untuk memastikan eksistensi manusia sebagai sebuah spesies tidak akan punah. Setelah tinggal di bawah tanah selama ratusan tahun akibat kontaminasi zat kimia yang menyebar luas di permukaan akibat perang, manusia akhirnya memutuskan untuk mencari cara agar dapat mencari dunia baru lainnya yang dapat dijadikan tempat teknologi. Tahun 2087, sebuah jalan keluar dihasilkan. Teknologi warp drive yang memungkinkan manusia untuk berselancar dalam jarak jutaan cahaya hanya dalam hitungan detik membuat misi ini dimungkinkan. Selamat tinggal bumi dan selamat datang planet baru!


3. Selamat Datang Mecha Perang! (2112 – Front Mission 3)

Mengangkat AK 47 dan menembak membabi buta di padang pasir tampaknya bukanlah strategi perang yang mampu menghasilkan damage yang sepadan pada kekuatan musuh di tahun 2112. Di masa ini, para negara mulai memproduksi mecha-mecha, robot berukuran super besar, yang memang didesain untuk menjadi pasukan perang di garis paling depan. Mecha-mecha ini akan dipersenjatai dengan senjata melee dan range dengan ukuran super besar pula. Kemenangan sebuah negara dalam konflik tidak lagi dipengaruhi seberapa baik para pasukan mereka bergerak tersembunyi dan taktis, tetapi pada seberapa baik para pilot mecha-mecha ini mengendalikan robotnya di medan pertempuran. Tidak hanya video game, banyak anime Jepang seperti Gundam juga memvisualisasikan masa depan yang sama. Apakah robot-robot ini akan terwujud dalam 100 tahun ke depan? Bukan sesuatu yang mustahil.


2. Teknologi Alien Membuat Lompatan Peradaban (2148 – Mass Effect)

Perjalanan eksplorasi manusia ke Mars menemukan sebuah temuan yang mengejutkan. Sebuah ras alien yang sudah punah – Protheans meninggalkan jejak-jejak teknologi di planet Merah tersebut. Mempelajari, membangun, dan mengadaptasi teknologi yang ditinggalkan oleh mereka, manusia mulai mendapatkan cara termudah untuk bergerak antar galaksi dengan jarak ratusan cahaya hanya dalam sekejap. Tidak lagi terpaku pada planet-planet yang mengorbit di tata surya, manusia mulai menyebarkan diri pada galaksi-galaksi terluar dan membangun koloni-koloni yang sporadis. Tidak hanya itu saja, perjalanan ini juga membawa manusia pada interaksi pertamanya dengan makhluk-makhluk hidup lain yang memiliki peradaban yang lebih maju.


1. Tidak Ada Lagi Bumi yang Sama (2277 – Fallout 3)

Dari semua masa depan yang ditampilkan oleh industri game, seri Fallout mungkin menghadirkan visualisasi yang tergelap. 200 tahun setelah perang nuklir yang menghancurkan sebagian besar dunia, bumi tampil sebagai sebuah planet yang hampir tidak layak huni. Lupakan tentang pohon dan binatang-binatang manis yang mengitarinya di pagi hari, bumi telah berubah menjadi sebuah medan gersang yang menyedihkan. Tidak hanya hukum rimba yang berlaku, bumi juga mulai dipenuhi oleh teknologi-teknologi senjata yang berbahaya dengan makhluk-makhluk mutasi yang tidak segan menyantap siapapun yang menghampiri mereka. Ini tentu akan menjadi bumi yang berbeda dengan yang kita lihat selama ini. Menyembuhkan diri dan mengembalikannya ke kondisi semula setelah kekacauan seperti ini? Tentu saja bukan pekerjaan yang mudah. Bagian yang paling menyeramkannya? Bagi saya pribadi, skenario yang ditampilkan oleh Bethesda ini bukanlah sesuatu yang tidak mungkin untuk terjadi di masa depan. Perang nuklir dan kehancuran? Seolah tidak terhindarkan.


Demikian adalah 10 ramalan masa depan menurut versi video game dari kami. Sebagian besar darinya memang memperlihatkan visualisasi dunia yang pesimis dan penuh dengan “kegelapan”, namun sebagai sebuah ramalan, kita tentu sangat berharap bahwa tidak ada satupun darinya yang menjadi kenyataan. Namun tentu menjadi sesuatu yang terlalu naif jika berharap bahwa bumi akan berputar dengan kecepatan konstan dan manusia akan hidup dengan damai di dalamnya. Harus diakui, tidak ada satupun skenario di atas yang tidak mungkin untuk terjadi karena manusia sendiri juga sudah mulai membangun teknologi ke arah dengan potensi ketakutan yang sama.


Jangan ragu untuk meninggalkan komentar di bawah ini jika Anda merasa ada ramalan masa depan yang seharusnya masuk ke dalam list ini. Atau jika Anda memiliki referensi video game dengan setting dengan visualisasi masa depan yang indah? We welcome you..



Sumber : http://jagatplay.com/2012/05/news/10-ramalan-masa-depan-versi-video-game/

Rating: 5



Anda sedang membaca artikel tentang 10 Ramalan Masa Depan Versi Video Game dan anda bisa menemukan artikel 10 Ramalan Masa Depan Versi Video Game ini dengan url https://watchinginfo.blogspot.com/2012/05/10-ramalan-masa-depan-versi-video-game.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel 10 Ramalan Masa Depan Versi Video Game ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link 10 Ramalan Masa Depan Versi Video Game sumbernya.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Poskan Komentar

Blog Ini Bersifat Do Follow yg Berarti dpt Memberikan Backlink Gratis Kpd Blog Anda Jika Berkomentar Dibawah ini :

"Komentar Harus Bersifat Membangun Dan Tidak Menjatuhkan akan Kami Hargai"